fbq('track', 'ViewContent');

PIKIRAN SADAR DAN PIKIRAN BAWAH SADAR

PIKIRAN SADAR DAN PIKIRAN BAWAH SADAR


Bayangkan Anda membuka aplikasi Facebook di ponsel Anda. Apa yang Anda lihat? Di luar apa yang Anda lihat di layar, apakah Anda melihat dan menyadari “proses” apa saja yang terjadi di HP Anda?

Aplikasi yang Anda buka itu kita ibaratkan pikiran sadar. Sedangkan aplikasi lain yang tidak Anda buka serta berbagai sistem operasi di HP Anda tersebut ibarat pikiran bawah sadar.

Kalau saat ini Anda bertanya-tanya bagaimana cara belajar bahasa Korea yang efektif, pemikiran tersebut ada di pikiran sadar.

Kalau saat ini Anda teringat lagi punya utang atau ada orang yang berhutang pada Anda, berarti pikiran tersebut adalah berada di wilayah pikiran sadar.

Apa pun yang sedang Anda pikirkan, artinya berada di pikiran sadar.

Selama ini dalam beberapa literature disebutkan bahwa pikiran bawah sadar berperan 88% terhadap kehidupan kita, sedangkan pikiran sadar hanya berperan 12%. Sementara itu, beberapa literature lain menyebutkan angka yang sedkit berbeda, yaitu 90% dan 10%. 

Akan tetap, riset yang lebih up-to-date yang dipublikasi oleh Azegedy-Maszak dalam artikel Mysteries of the Mind: Your Unconscious is Making Your Everyday Decision menyatakan:

Cognitive neuroscientist menemukan bahwa pikiran bawah sadar bertanggung jawab, memengaruhi, dan menentukan proses dan hasil sebesar 95-99% aktivitas berpikir.

Intinya, pikiran bawah sadar memiliki peran jauh lebih besar terhadap keberhasilan hidup kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *