fbq('track', 'ViewContent');

Loyalitas Karyawan dan Ruang untuk Bertumbuh

“Bagaimana supaya karyawan saya loyal?”

“Bagaimana supaya saya punya tim yang rela berkorban demi organisasi dan kepentingan bersama?”

Demikian pertanyaan yang sering saya dengar dari kawan-kawan UKM yang saya temui.


Begini, salah satu sifat alami manusia adalah kecenderungan untuk bertumbuh. Sebab manusia memang suka bertumbuh. Bertumbuh dalam artian mereka ingin pengalamannya bertambah. Keahlian meningkat. Karier menanjak. Gaji bertambah. Hingga networking yang meluas.

Sudahkah organisasi Anda memberi karyawan Anda ruang untuk bertumbuh?

Sudahkah organisasi Anda sendiri bertumbuh?

Karena sering kali karyawan itu keluar karena mereka tidak bisa melihat masa depan yang menjanjikan jika bertahan. Dan mencari bisnis lain yang lebih bertumbuh karena mereka juga ingin bertumbuh.


Jika saat ini Anda memegang sebuah cangkir, maka Anda bisa memasukkan benda apa pun yang ukurannya tidak melebih cangkir.

Jika saat ini Anda memegang sebuah ember, maka Anda bisa memasukkan cangkir, gayung, serta benda apa pun yang ukurannya tidak melebih ember.

Jika saat ini Anda menyentuh sebuah bak mandi, maka Anda bisa memasukkan cangkir, gayung, ember, serta benda apa pun yang ukurannya tidak melebih bak mandi yang anda sentuh.

Maka jangan heran jika saya dan Anda selaku pemilik bisnis ditinggal pergi oleh karyawan yang sudah kita latih. Mungkin saat itu kapasitas mereka sudah sama seperti kita. Sehingga kita tidak bisa menampung mereka lagi. Dan bisnis atau organisasi kita tidak bisa mewadahi kapabilitas mereka lagi.


Suatu pertanyaan yang menurut saya perlu kita jawab bersama:

Sebesar apakah kapasitas saya dan Anda saat ini?

Bersediakah Anda berinvestasi leher ke atas untuk terus meningkatkan kapasitas diri?

Sebab secara alami dan naluriah, orang-orang cenderung mau dipimpin oleh orang yang punya kapasitas lebih dibandingkan dirinya.

Sekian dari, Komandala Putra.

Investor | Trainer | Motivator

Workshop Business Mastery

Workshop Cerdas Finansial

Neo NLP Practitioner

View All

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *