fbq('track', 'ViewContent');

Kepribadian (Part 2)

Di artikel sebelumnya telah kita bahas 3 bagian dari arketipe manusia, yaitu:

  1. PERSONA (Topeng)
  2. WISE OLD MAN (Orang Tua Bijak)
  3. SHADOW (Bayangan)

Berikutnya ada:

  4. ANIMA / ANIMUS

Anima adalah sisi feminim pada diri lelaki. Sedangkan Animus adalah sisi maskulin pada diri seorang wanita.

Jika Anda laki-laki, bisakah Anda menyadari atau mengidentifikasi sisi feminim yang Anda miliki?

Jika Anda wanita, bisakah Anda menyadari atau mengidentifikasi sisi maskulin yang Anda miliki?

       Kenapa laki-laki bisa memiliki sisi feminim begitupun sebaliknya? Secara biologis, di tubuh pria terdapat hormon estrogen. Dan di tubuh pria terdapat hormon testoteron. Tentunya dalam jumlah yang relatif sedikit.

 

  5. HERO (Pahlawan)

Dalam diri setiap manusia terdapat suatu dorongan untuk memerangi kejahatan atau keadaan yang tidak ideal. Sebuah hasrat untuk menjadi pahlawan. Entah disadari atau tidak.

 


Sekarang kita sudah tahu bahwa di dalam “jiwa” kita ini terdiri dari bagian-bagian. Banyak sekali bagian. Adakalanya salah satu bagian dari jiwa kita ini yang bermasalah.

Di dalam hipnoterapi ada sebuah teknik pengobatan yang disebut dengan Parts Therapy. Yaitu sebuah terapi untuk mendamaikan bagian-bagian dalam jiwa kita yang tidak selaras atau bermasalah.

Contoh, Ibu A saat ini sangat sedih jika teringat dengan mantan suaminya. Terutama jika teringat dengan kejahatan mantan suaminya lakukan. Ibu A merasa tidak bisa lagi bahagia.

Dengan Parts Therapy, ketika Ibu A sudah berada dalam keadaan hipnosis yang sangat dalam. Sang hipnoterasi (orang yang melakukan hipnoterapi) “memanggil” bagian diri Ibu A yang depresi.  Pada tulisan ini ini kita anggap atau sebut aja Part X (namanya bisa apa saja). Lalu meminta Part X untuk berkomunikasi dengan bagian diri Ibu A yang ceria, katakannya Part Y.

Part Y memberikan beberapa opsi untuk kemudian dipilih oleh Part X. Terapi ini selesai ketika Part X sudah memilih solusi yang Part Y tawarkan. Dan Ibu A bisa bangun ke kondisi normal dengan perasaan lega.

 

 

View All

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *