fbq('track', 'ViewContent');

Internal Representation

Jika Anda diminta membayangkan buah apel, apel yang seperti apa yang pertama kali muncul di pikiran Anda?

 

Ketika saya mengajukan pertanyaan yang sama kepada para peserta workshop, ternyata jawaban mereka beragam. Ada yang membayangkan apel merah, hijau dan warna lainnya. Bahkan suatu ketika seorang peserta yang kebetulan paham betul soal apel sampai menjelaskan jenis-jenis buah apel. Wew.

 

Di kesempatan berbeda, saya meminta para peserta membayangkan sebilah pisau. Hasilnya? Ada yang membayangkan pisau dapur, pemotong daging bahkan pisau pemotong kue.

Anda sendiri, jika disebut kata “pisau”, pisau seperti apa yang pertama kali muncul di pikiran Anda?

So, apa yang terjadi di sini? Mengapa satu kata yang sama bisa memicu gambaran mental yang berbeda antara satu orang dengan orang lain?


Gambaran mental itu di antaranya dipengaruhi oleh pengalaman (termasuk pendidikan), keyakinan dan meta program. So, sangat wajar jika saya dan Anda memiliki persepsi yang berbeda terhadap satu hal yang sama.

Atau begini. Pernahkah Anda bertemu teman lama Anda, mungkin SMP atau kuliah dulu, dan membahas suatu peristiwa tertentu yang dulu Anda dan teman pernah alami bersama. Namun ada bagian dari cerita Anda yang ia lupa. Dan ada bagian dari cerita teman yang Anda juga lupa. Pernah?

Itu artinya bahwa gambaran mental yang tersimpan di pikiran manusia itu memang berbeda-beda.

Sekian dari, Komandala Putra.

Investor | Trainer | Motivator

Seminar Business Mastery

Workshop Cerdas Finansial

Neo NLP Practitioner

 


Catatan: Di NLP (Neuro Linguistic Programming), gambaran mental ini biasa disebut Internal Representation. Atau kadang disingkat Internal Rep.

View All

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *