fbq('track', 'ViewContent');

Imsomnia

Siapapun yang pernah mengalami insomnia berkepanjangan pasti tahu betapa tersiksanya tidak bisa tidur. Dari beberapa penderita insomnia yang saya temui, ada yang mengaku sama sekali tidak bisa mengantuk pada malam hari. Sebagian lagi mengaku mengantuk, bahkan sangat mengantuk, namun diri tak kunjung terlelap.

beberapa tahun yang lalau saya termasuk kelompok kedua ini. Dari awal 2013 sampai awal 2016. Waktu yang sangat lama untuk mengalami insomnia parah. Yang selama kurun waktu 3 tahun itu, sempat beberapa bulan saya bisa tidur normal. Namun selebihnya menjadi zombie.

Setelah ikut berbagai pelatihan, berikut adalah salah 1 teknik yang saya gunakan agar bisa tidur dengan mudah lagi cepat.

Pertama, ketika sudah berbaring di tempat tidur dan memejamkan mata, bernafaslah secara perlahan. Nikmati aliran udara yang memenuhi rongga perut.

Kedua, bayangkan dan pikiran sebuah momen bahagia dan menyenangkan ketika Anda masih kecil. Visualisasikan sejelas mungkin. Lalu rasakan sensasi rasa nyaman yang muncul di tubuh Anda. Bisa berupa gerakan berputar di sekitar dada. Bisa berupa sesuatu yang bergerak merambat di tubuh. Apa pun.

Ketiga, berhitunglah dari angka 1. Lakukan sampai Anda tertidur. Tujuan dari menghitung ini agar pikiran Anda tidak menjalar ke mana-mana, tapi berfokus pada hitungan Anda.

Selamat mencoba dan praktikkan.

Sekian dari, Komandala Putra.

Investor | Trainer | Motivator

Worksho Business Mastery

Workshop Cerdas Finansial

Neo NLP Practitioner

View All

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *