fbq('track', 'ViewContent');

3 Cara Agar Anda Dianggap Pakar

Saya akan sharingkan 3 hal yang saya peroleh dari taining 3 hari bersama guru saya, Pak Ongky Hojanto.

 

  1. Terkait Nama Besar

Contohnya adalah Pak Tung Desem Waringin (TDW) di awal-awal karier beliau sebagai pembicara. Beliau berulangkali mengatakan bahwa beliau adalah murid dari Anthony Robbins, pembicara dan motivator ternama di dunia. Senantiasa mengaitkan diri dengan orang yang sudah terkenal. Mengaitkan diri dengan nama besar.

Cara ini juga saya yang saya tempuh ketika Juni 2016 lalu mendaftar di Kampus Bisnis Umar Usman. Karena kampus ini didirikan motivator ternama Indonesia, Mas Ippho Santosa. Bersama Dompet Dhuafa.

Saat berbicara di seminar atau bertemu orang baru, dan saya mengatakan saya murid Mas Ippho Santosa, orang bertambah respek dengan saya. Dan ketika saya berbicara soal bisnis, kredibilitas saya meningkatkan. Sebab saya praktisi bisnis sekaligus murid Mas Ippho Santosa.

Tantangan atau challenge dalam menerapkan cara ini adalah kita harus punya banyak dana ekstra. Belajar dari Anthony Robbins, Robert Kiyosaki, dan pembicara mahal lainnya butuh uang yang tidak sedikit.

Pun mendaftar di Kampus Bisnis Umar Usman. Biaya per tahun 29 juta (bisa dicicil). Kalau ikut seminar dan workshop saya, dapat voucher diskon 5 juta. Asik atau asik banget? Yang ini promosi.

 

2.  Adakan Banyak Seminar Murah

Inih! Ini cara cara biar dikenal banyak orang. Adakan seminar yang ramah kantong mahasiswa saja, tapi jumlah pesertanya banyak. Keuntungan dari 1 peserta memang sedikit, tapi bermainnya di volume. Anda pun bermain di frekuensi. Yakni sering-sering mengadakan seminar.

Berbeda dengan workshop jutaan rupiah yang pesertanya belasan orang. Profit besar dari tiap peserta, tapi volumenya sedikit.

Tantangan untuk menjalankan cara ini adalah saya dan Anda harus punya banyak tenaga ekstra. Karena Anda harus sering mengadakan seminar untuk mngumpulkan uang.

 

3. Menulis Buku dan Artikel

Orang yang sudah sudah menulis dan menerbitkan buku akan memilih branding yang kuat. Dan dianggap pakar dalam bidang yang ia tulis. Apalagi jika bukunya diterbitkan oleh penerbit besar dan beredar di jaringan toko buku nasional.

Cara ketiga ini tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya puluhan hingga ratusan juta. Tidak pula mewajibkan Anda keliling ke berbagai kota dan daerah untuk mengisi seminar-seminar murah. Anda hanya butuh keinginan menulis. Dan melakukannya dengan konsisten. Ituh!


 

So, cara mana yang akan Anda pilih?

Sekian dari, Komandala Putra.

Investor | Trainer | Motivator

Seminar Business Mastery

Workshop Cerdas Finansial

Neo NLP Practitioner

View All

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *